Pengalaman Mengikuti Program Indonesia Android Kejar

5 Comments

Beberapa bulan lalu tepatnya pada bulan Februari 2016 Presiden kita tercinta Bpk. Joko Widodo atau yang biasa kita sapa pak Jokowi mengunjungi beberapa markas dewa dewa dibidang teknologi di dunia, seperti Facebook Google dan lain lain. Pada kesempatan itu Bapak Jokowi berkesempatan mengunjungi markas Google di Mountain View, California ,AS.

Dalam pertemuan itu, bapak Jokowi bertemu dengan para petinggi petinggi Google  CEO Google sekaligus founder google yaitu Bapak Sergey Brin. Dari hasil pertemuan itu dicapai beberapa kerjasama, salah satunya Google berkomitmen untuk melatih 100.000 developer mobile sampai 2020.


Program kerjasama itupun akhirnya diluncuran dengan nama Indonesia Android Kejar. Program ini akan berlangsung pada tanggal 28 Maret sampai 7 Mei 2016 di lima kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.


Indonesia Android Kejar adalah serangkaian kegiatan belajar bersama (study group) untuk mendukung developer Indonesia dalam mengembangkan aplikasi mobile melalui kursus online Udacity dan pertemuan offline bersama anggota komunitas sehingga memberikan pemahaman yang lebih mendalam di ekosistem yang menyenangkan dan kolaboratif. Indonesia Android Kejar akan memfasilitasi pembahasan materi di level Beginner, Intermediate, dan Advance. Dengan adanya kerjasama ini sangat bermanfaat untuk membantu developers Indonesia untuk tumbuh dan terus menciptakan aplikasi berkualitas dan bermanfaat bukan hanya bagi Indonesia tapi juga bagi global.


Untuk pendaftaran perlu diketahui kita mendaftar sebagai apa, berikut perbedaan Fasilitator dengan peserta :

Untuk Fasilitator adalah pihak yang akan menjadi pengajar & pembimbing dalam sesi pembelajaran offline. Fasilitator akan bertugas mengadakan study group dan memonitor perkembangan anggotanya. Jika kamu memiliki kemampuan programming yang sangat baik, menjadi fasilitator akan memberikan kamu keuntungan nyata. Selain berkontribusi bagi komunitas, kamu juga akan mendapatkan hadiah ekslusif dari Google, kesempatan mendapatkan free premium ticket di Udacity selama 2 bulan (bagi yang terbaik), dan kesempatan untuk diundang ke Google Indonesia Office Tour (bagi yang terbaik)!

Sedangkan Peserta adalah pihak yang akan mengikuti pembelajaran online di Udacity dan pembelajaran offline secara berkala dengan tujuan meningkatkan kemampuan dalam membuat aplikasi Android. Sebagai peserta, kamu akan mendapatkan manfaat yang luar biasa dari bimbingan online & offline, pembelajaran langsung dengan fasilitator yang ahli, hadiah ekslusif untuk peserta terbaik, dan kesempatan memperoleh sertifikat dari Google!

Cara Pendaftaran

Cara pendaftaran kita dapat langsung mengunjungi website Indonesia Android Kejar.
persyaratan pendaftaran, cara pendaftaran, dan lain lain semua tersedia lengkap, pemilihan fasilitator maupun peserta diseleksi dengan sangat selektif. 

Proses Belajar

Singkat cerita melalui proses yang sangat ketat, saya terpilih sebagai salah satu peserta tingkat beginner, perlu diketahui program ini terbagi menjadi 3 tingkatan yaitu beginner, intermediate,advance. Proses study group program ini berlangsung selama 4 pertemuan, kurang lebih selama sebualan, setelah proses tatap muka selama satu bulan , peserta diberikan tugas akhir membuat aplikasi android menyangkut hal hal yang sudah dipelajari selama 4 pertemuan, setelah itu hasil project dikirim kepada pihan android kejar melalui email untuk dilakukan penilaian oleh pihak terkait untuk dilakukan penilaian apakah peserta lulus atau tidak.

Ini adalah beberapa dokumentasi pelaksanaan study group yang penulis lakukan di salah satu tempat bernama Code Margonda di daerah Depok Jawa Barat.








Awarding

Setelah dinyatakan lulus peserta akn mendapatkan email untung menghadiri acara penghargaan kepada fasilitator dan peserta terbaik selama program itu dilaksanakan, sekaligus penyerahan sertifikat kepada fasilitator dan pesrta, acara ini tidak hanya sebuah acara penghargaan, tetapi juga ada acara talkshow oleh startup startup sukses diindonesia seperti gojek,bukalapak,dll,acara ini diadakan di kantor Kemendikbud RI di Jakarta.

ini adalah dokumentasi saat acara awarding berlangsung di Kemendikbud RI.






Ini adalah sertifikat yang penulis dapatkan dari program Indonesia Android Kejar ini.



Alhandulillah, sekian sharing-sharing penulis mengenai program Indonesia Android Kejar, semoga program hasil kerjasama antara pemerintah dengan Google ini sukses dan dapat melahirkan banyak developer-developer handal yang dapat mengangkat nama Indonesia menjadi lebih tinggi lagi dengan karya-karyanya, semoga bermanfaat Aamiin.

Sumber:
www.indonesiaandroidkejar.id





You may also like

5 comments:

  1. wah bagus banget kak tulisannya,ajarin bikin android dong kak :3

    ReplyDelete
  2. peserta terbaiknya itu pilihnya gimana sistemnya ?

    ReplyDelete
  3. Itu sertifikatnya PDF apa Fisik kak ?

    ReplyDelete
  4. Itu sertifikatnya dalam bentuk pdf apa Fisik kak

    ReplyDelete
  5. berapa kali pertemuan offline selama study IAK bang ?

    ReplyDelete