Stratifikasi Sosial di Indonesia

0 Comments
Tugas 3



Banyak sekali fenomena yang terjadi di masyarakat,salah satunya adalah stratifikasi sosial, apa itu stratifikasi sosial? Bagaimana Stratifikasi sosial di Indonesia? .Pada kesempatan ini saya akan membahas dan mencari tau dasar,faktor,dan dampak daripada stratafikasi sosial.

          A.   Pengertian
Stratafikasisi berarti lapisan, yang jika di perluas dan dihubungkan masyarakat berarti lapisan-lapisan yang ada pada masyarakat,yang dimaksud lapisan disini adalah perbedaan tinggi atau rendahnya status masyarakat tersebut. Banyak para ahli yang memberikan pengertian terhadap stratifikasi sosial, berikut stratifikasi sosial menurut para ahli:

1.      Pitirim A. Sorokin

Stratifikasi sosial diartikan sebagai pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat (herarkis). Perwujudannya adalah kelas-kelas tinggi dan kelas yang lebih rendah. Selanjutnya Sorokin, mengemukakan bahwa inti dari lapisan sosial adalah tidak adanya keseimbangan dalam pembagian hak dan kewajiban, kewajiban dengan tanggung jawab nilai-nilai sosial dan pengaruhnya di antara anggotaanggota masyarakat.

2.      Paul B. Horton dan Chester L. Hunt
Stratifikasi sosial berarti sistem perbedaan status yang berlaku dalam suatu masyarakat.

3.      Soejono Soekanto
Stratifikasi sosial adalah pembedaan posisi seseorang atau kelompok dalam kedudukan berbeda-beda secara vertikal.

4.      Astried S. Susanto
Stratifikasi sosial adalah hasil kebiasaan hubungan antarmanusia secara teratur dan tersusun sehingga setiap orang, setiap saat mempunyai situasi yang menentukan hubungannya dengan orang secara vertikal maupun mendatar dalam masyarakatnya.

5.      D. Hendropuspito OC
Stratifikasi sosial adalah tatanan vertikal berbagai lapisan sosial berdasarkan tinggi rendahnya kedudukan

6.      Bruce J. Cohen
Stratifikasi sosial adalah sistem yang menempatkan seseorang sesuai dengan kualitas yang dimiliki dan menempatkan mereka pada kelas sosial yang sesuai.


7.      Robert M.Z. Lawang
Stratifikasi sosial adalah penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hirarkis menurut dimensi kekuasaan, privelese dan prestise.

B.     Faktor pendorong stratifikasi sosial di Indonesia

·        Perbedaan ras dan budaya,dari segi fisik etnis dan budaya yang tesebar diseluruh Indonesia dapat menjadi faktor  stratifikasi sosial
·        Pembagian tugas, karena adanya pembangian tugas dari sebuah pekerjaan seperti jabatan direktur dan sebagainya.
·        Kejarangan,stratifikasi lambat laun terjadi, karena alokasi hak dan kekuasaan yang jarang atau langka. Kelangkaan ini terasa apabila masyarakat mulai membedakan posisi, alatalat kekuasaan, dan fungsi-fungsi yang ada dalam waktu yang sama. Jadi, suatu kondisi yang mengandung perbedaan hak dan kesempatan di antara para anggota dapat menciptakan stratifikasi.
Sementara itu, Koentjaraningrat mengatakan ada tujuh hal yang dapat mengakibatkan atau melahirkan stratifikasi social dalam masyarakat, yaitu sebagai berikut.
·        Kualitas dan kepandaian.
·        Kekuasaan dan pengaruhnya.
·        Pangkat dan jabatan.
·        Kekayaan harta benda.
·        Tingkat umur yang berbeda.
·        Sifat keaslian.
·        Keanggotaan kaum kerabat kepala masyarakat.

C.     Dampak stratifikasi  sosial di Indonesia
Segela bentuk fenomena sosial tentunya akan memperoleh konsekuensinya, inilah dampak daripada stratafikasi sosial di Indonesia:
·        Timbulnya Kelas Sosisal
Stratifikasi sosial menggolonggolongkan masyarakat ke dalam kelompok-kelompok sosial yang berbeda.  Seperti berdasarkan kekayaan,kehormatan dll mereka mengukur segalanya hanya dengan uang.
·        KesenjanganSosial
Konsekuensi lain sebagai akibat dari stratifikasi sosial adalah kesenjangan sosial. Kesenjangan sosial merupakan perbedaan jarak antara kelompok atas dengan kelompok bawah.
·        Polarisasi Power
Polarisasi berarti pembagian suatu unsur menjadi dua bagian yang berlawanan, sedangkan power sendiri diartikan sebagai kekuatan. Jadi, secara bebas polarisasi power dapat didefininisikan sebagai pembagian kekuatan.

D.     Pandangan penulis
Pandangan penulis dari fenomena stratifikasi sosial ini,Indonesia merupakan Negara yang masyarakatnya adalah masyarakatnya majemuk, kemajemukan ini yang membuat adanya stratifikasi sosial di masyarakat. Stratafikasi sosial di Indonesia ini menggolongkan masyarakat berdasarkan status sosialnya, seperti jabatan,pekerjaan,kekayaan pendidikan, kehormatan.

Pada dasarnya dimata Tuhan, semua manusia derajatnya sama, tidak ada yang membedabedakannya di mata tuhan. Namun, kenyataan stratifikasi sosial di Indonesia itu ada,Selain karena faktor yang –faktor yang ada di atas,juga karena kemajemukan masyarakat di Indonesia tadilah dapat membentuk stratifikasi sosial di Indonesia. Mau tidak mau ,suka tidak suka begitulah kenyataannya stratifikasi sosial di Indonesia terjadi. Namun mengigat semboyan kita bangsa Indonesia “Bhineka Tunggal Ika” hal ini seharusnya tidak menjadi masalah untuk kita.


Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Stratifikasi_sosial


You may also like

No comments: