Mengenal Research Gate

0 Comments
Apa itu researchh gate? Research Gate adalah sebuah situs web jejaring sosial gratis dan alat kolaborasi bagi para ilmuwan sains dari segala jenis disiplin sains. Situs ini menyediakan pelbagai aplikasi web termasuk pencarian semantik (mencari seluruh abstrak), berbagi file, berbagi database publikasi, forum, diskusi metodologi, grup, dan berbagai aplikasi lainnya. Semenjak Mei 2008, ResearchGate telah digunakan oleh lebih dari 1,400,000 ilmuwan dari 196 negara.


Berdasarkan hasil pengamatan penulis research gate  merupakan situs web jejaring sosial tempat berkumpulnya para akademisi, mahasiswa, beserta peniliti sesuai bidangnya masing-masing, dimana disini akan diupload artikel mengenai hasil penelitian dari orang-orang tersebut. Sesuatu  yang di upload kedalam reseacrh gate ini dapat berupa hasil sebuah penelitian ilmiah, maupun artilel yang mengulas secara jelas topik yang dibahas pada artikel tersebut.

Di web reasearch gate, kita juga dapat membuat grup sesuai dari informasi apa yang ingin kita pahami,selain itu pengguna juga bisa membuat polling,bertanya mengenai sesuatu tentang riset yang sedang kita pahami, dan mencari pekerjaan di research gate, lowonngan kerja di research gate ini bisa dicari sesuai apa yang diinginkan, baik jenis pekerjaannya maupun posisi yang kita inginkan.

Untuk mendapatkan akses -akses yang sudah penulis jelaskan diatas, pertama tama pengguna harus mendaftar terlebih dahulu di web Research Gate

Untuk mendaftar di research gate sangat mudah, kita hanya perlu mengikuti prosedur-prosedur dari web terseut, dngan cara klik join for free, lalu kita isikan biodata, beserta alamat email institusi, lalu mengisi jurusan atau bidang anda, misalnya penulis memilih Computer Sains dan apa saja yang ditekuni, setelah mengisi semua itu , kita melakukan konfirmasi email , setelah melakukan konfirmasi maka anda resmi bergabung kedalam web research gate.

Di dalam research gate sangat banyak sekali doktor-doktor, peneliti dan juga dosen-dosen dari berbagai kampus/ institusi, disini penulis akan mengulas beberapa dosen/peneliti agar pengguna dapat melihat seperti apa profile di research gate.


Bapak Eri Prasetyo ini merupakan salah satu dosen di Universitas Gunadarma,beliau memiliki sekitar 30 penulisan di dalam research gate yang telah dibaca 1.100 kali, beliau merupakan salah satu dosen terbaik di Universitas Gunadarma.


Selanjutunya, Bapak Setia Wirawan, beliau juga merupan salah satu dosen di Universitas Gunadarma, beliau juga memliki beberapa macam riset yang di upload kedalam research gate untuk di publikasikan, beliau juga merupakan salah satu dosen terbaik di Universitas Gunadarma

Selanjutnya, Bapak Achmad Benny Mutiara beliau merupakan salah satu Profesor di Universitas Gunadarma ,beliau memiliki banyak riset dan artikel yang di upload kedalam research gate dan artikel dan risetnya telah dibaca sekitar 2.600 kali.

Sekian pembahasan mengenai Research Gate pada penulisan kali ini, semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/ResearchGate
https://www.researchgate.net




You may also like

No comments: