Manusia dan Penderitaan

0 Comments

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas  tentang Manusia dan penderitaan, Pertama tama saya akan menjelaskan terlebih dahulu definisi dari manusia dan penderitaan secara terpisah. Apa definisi dari manusia? Apa definisi dari penderitaan? Dan apa hubungannya manusia dan penderitaan.



DEFINISI MANUSIA

Berikut adalah definisi manusia menurut para ahli:
·       NICOLAUS D. & A. SUDIARJA
Manusia adalah bhineka, tetapi tunggal. Bhineka karena ia adalah jasmani dan rohani akan tetapi tunggal karena jasmani dan rohani merupakan satu barang
·       ABINENO J. I
Manusia adalah "tubuh yang berjiwa" dan bukan "jiwa abadi yang berada atau yang terbungkus dalam tubuh yang fana"
·       UPANISADS
Manusia adalah kombinasi dari unsur-unsur roh (atman), jiwa, pikiran, dan prana atau badan fisik
·       SOKRATES
Manusia adalah mahluk hidup berkaki dua yang tidak berbulu dengan kuku datar dan lebar

DEFINISI PENDERITAAN

Penderitaan adalah sebuah permasalahan yang tidak menyenangkan yang dialami manusia, dalam kehidupan manusia hampir seluruh manusia pernah mengalami penderitaan. Namun itu semua juga tergantung kepada manusia itu sendiri,jika dia anggap sebuah masalah itu penderitaan maka itu akan menjadi penderitaan untuk dia,namun jika manusia itu menganggap sebuah masalah itu sebagai hal yang biasa terjadi pada semua manusia, maka itu tidak menjadikan masalah sebagai sebuah penderitaan.

Penderitaan juga memili dampak positif dan negatif, dimana positifnya manusia akan bekerja keras untuk keluar dari penderitaan yang dialaminya, negatifnya manusia itu menjadi kurang bersyukur kepada Allah.



HUBUNGAN MANUSIA DAN PENDERITAAN

Allah menciptakan manusia dengan sempurna, baik dalam bentuk fisik maupun akal dan pikiran, dimana manusa dalam kehidupan ini perlu memenuhi kebutuhan untuk bertahan hidup , manusia memerlukan sandang pangan dan papan. Dimana jika kebutuhan manusia ini tidak terpenuhi secara cukup, maka disinilah timbulnya penderitan bagi manusia tersebut.

 Manusia sebagai mahluk yang berakal dan berfikir, tidak hanya menggunakan insting namun juga pemikirannya dan perasaanya. Tidak hanya naluri namun juga nurani. Manusia diciptakan sebagai mahluk yang paling mulia namun manusia tidak dapat berdiri sendiri secara mutlah. Manusia perlu menjaga dirinya dan selalu mengharapkan perlindungan kepada penciptanya. Manusia kadang kala mengalami kesusahan dalam penghidupanya, dan terkadang sakit jasmaninya akibat tidak dapat memenuhi penghidupanya. Manusia memerlukan rasa aman agar dirinya terhidar dari penyiksaan. Karena bila tidak dapat memenuhi rasa aman manusia akan mengalami rasa sakit. Manusia selau berusaha memahami kehendak Allah, karena bila hanya memenuhi kehendak untuk mencapai hasrat, walau tidak menderita didunia, namun sikap memenuhi kehendak hanya akan membawa pada pintu-pintu kesesatan dan membawa pada penyiksaan didalam neraka.

Disini sangat terlihat bahwa penderitaan sangat berkaitan di dalam kehidupan manusia, berdasarkan yang saya jelaskan diatas, penderitaan itu juga bias diperoleh di akhirat seperti siksaan di neraka, disinilah manusia dituntut bekerja keras untuk mengatasi penderitannya baik didunia maupundiakhirat. Apabila manusia tidak mampu melewati proses tersebut dengan ketabahan, di akherat kelak dapat menggiring manusia pada penyiksaan yang pedih di dalam neraka.

PENGARUH PENDERITAAN

Tentu penderitaan sangat banyak pengaruhnya didalam kehidupan manusia, berikut adalah dampak positif dan negate dar penderitaan:

Dampak positif:

-        Menjadi Optimis menghadapi hidup
-        Lebih bekerja keras
-        Menjadi besyukur
-        Lebih dekat kepada sang pencipta

Dampak Negatif:

-        Timbul penyesalan
-        Kecewa
-        Putus asa dalam kehidupan
-        Ingin bunuh diri

KESIMPULAN

Kesimpulan dari hubungan manusia dan penderitaan ini adalah penderitaan sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Dimana setiap manusia memiliki penderitaan didalam kehidupannya masing-masing, penderitaan itu memiliki berbagai dampak postif maupun negative bagi manusia tersebut.

OPINI PENULIS

Sebaiknya kita sebagai manusia harus memandang penderitaan ini  dari seudut pandang positif, dimana penderitaan yang muncul didalam kehidupan kita ,sebagai motimavi kita untuk lebih bekerja keras lagi dalam menjalani kehidupan ini,menjadikan penderitaan ini sebagai daya dorong untuk kehidupan kita yang lebih baik. Jangan sampai penderitaan ini menjadikan kita pribadi yang mudah menyerah,putus asa, apalagi sampai bunuh diri,  tidak lupa di kerja keras kita,kita juga harus mendekatkan diri dan berdoa kepada Allah. Karena semua kerja keras kita juga belum tentu berhasil tanpa seiizin Allas SWT.Sekian artikel mengenai manusia dan penderitaan ini,semoga bermanfaat bagi kita semua, terimakasih.

Sumber:

http://carapedia.com/pengertian_definisi_manusia_menurut_para_ahli_info508.html
Widyo Nugroho, Achmad Muchji. 1996. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta : Universitas Gunadarma


You may also like

No comments: