Peran Pemuda Dalam Pembangunan di Indonesia

0 Comments
Tugas 2


Kualitas dari suatu Negara bisa kita lihat dari kualitas para pemudanya,kenapa demikian? karena pemuda dalam sebuah Negara adalah  pewaris serta penerus untuk berjalannya suatu Negara.Pemuda harus memiliki pengetahuan yang luas di berbagai bidang agar dapat meneruskan dan mengembangkan potensi dari Negara tersebut.

Begitu banyak sekali peran pemuda dalam berbagai hal untuk tanah air ini,kita ambil contoh dalam hal memproklamirkan kemerdekaan, kemerdekaan ini kita nikmati berawal dari desakkan –desakkan para pemuda kepada Presiden Soekarno untuk segera mempoklamasikan kemerdekaan Indonesia,sehingga dari situlah awal kita dapat menikmati kemerdekaan yang saat ini kita nikmati bersama.

Sebagaimana yang sudah kita ketahui peran pemuda untuk Negara ini sangat besar, dari upaya mememproklamasikan kemerdekaan,dari menjatuhkan rezim Soekarno,menjatuhkan rezim Soeharto ,disitu pemuda menjadi motor penegak keadilan yang diinginkan oleh rakyat. Masih banyak lagi peran pemuda untuk negeri ini,namun kali ini kita akan membahas  peran pemuda-pemuda di Indonesia dalam hal pembangunan di  Indonesia.

Dalam memajukan pembangunan di Indonesia,Indonesia membutuhkan peran aktif pemuda untuk membangun bangsa ini, dengan ide-ide kreatif dan berbagai inovasi yang dimilik para pemuda, Indonesia jelas sangat membutuhkan pemuda sebagai pewaris sekaligus penerus bangsa ini. Dengan tanggung  jawab ini pemuda benar benar menanggung bebean yang berat, dengan masalah Negara yang begitu kompleks sekarang. Pemuda harus berperan aktif dalam hal ini, Ada 5 peran pemuda dalam pembangunan di Indonesia:



1.      Penggerak Pembangunan
Pikiran kreatif dan inovatif para pemuda untuk pembangunan,Apabila disatukan dengan kemauan dan kemampuan yang sangat kuat,maka akan menjadikan pemuda sebagai penggerak dalm pembangunan.

2.      Katalisator pembangunan
Perancanaan dan pelaksanakan pembangunan terkadang masih menciptakan jarak yang jauh. Disini pemuda dapat menjadi penghubung dan mempercepat perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.

3.      Motivator Pembangunan
Pembangunan tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja ,pembangunan juga dilakukan ioleh setiap lapisan elemen masyarakat. Disini pemuda berperan untuk membantu melaksanakan dan menyukseskan pembangunan.

4.      Inovator Pembangunan
Dengan jiwa inovasi yang dimiliki para pemuda  mereka tidak akan merasa puas dan berdiam diri begitu saja dengan keberhasilan yang dicapai.Tapi mereka akan terus berinovasi hingga mencapai keberhasilan lebih dari yang sebelum nya.

5.      Evaluator
Dalam pembangunan tentunya tidak dilakukan dengan mulus, pasti ada penyelewengan-penyelewangan yang dilakukan saat pembangunan. Disini para pemuda mengevaluasi hasil pembangunan dengan cara-cara yang telah mereka tentukan.

Dari ke-lima peran ini, pemuda yang memiliki kapasitas seperti diataslah yang dapat berperan banyak dalam pembangunan  di Indonesia. Pemuda dengan kapasitas dan kapabilitas yang tidak diragukan lagi, sudah mampu masuk elemen-elemen pelaksana pembangunan, seperti dalam pemerintahan,kontraktor,dewan perwakilan rakyat,dll.

Untuk memproteksi diri gangguan-gangguan  ,para pemuda harus senantiasa membingkai diri dengan nilai-nilai agama; jujur, adil, bersih, berpihak kepada kesejahteraan masyarakat, dan professional.
Apabila pemuda sudah mampu memainkan peran dalam pembangunan dengan baik, dan derap  langkah memainkan peran tersebut didasari ilmu serta dikerangka-i nilai-nilai agama, maka menjadi harapan besar proses pembangunan akan berhasil mensejahterakan rakyat.



referensi:
http://www.unmabanten.ac.id/
http://www.mpr.go.id/blog/drs-hajriyanto-y-thohari-ma/news/9113/pemuda-pilar-pembangunan-bangsa






You may also like

No comments: