Persamaan Hak dan Persamaan Drajat di Indonesia

0 Comments
Persamaan hak dan persamaan drajat di Indonesia, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang  hal ini. Pertama, apakah arti hak itu sebenarnya?

HAK

Hak adalah  sesuatu hal yang benar, milik, kepunyaan, kewenangan, kekuasaan untuk berbuat sesuatu (karena telah ditentukan oleh undang-undang, aturan, dsb), kekuasaan yang benar atas sesuatu atau untuk menuntut sesuatu, derajat atau martabat.

Dalam kehidupan bermasyarakat, setiap warga negara adalah sama, yaitu menjadi anggota masyarakat yang memiliki hak yang sama tanpa harus dibeda-bedakan. Misalnya saja :

·        Dalam bidang politik

-Persamaan hak dalam hukum

Setiap warga negara tanpa kecuali jika melakukan pelanggaran terhadap norma hukum harus ditindak dan dalam proses peradilan berhak untuk mendapatkan pembelaan.

- Persamaan hak dalam pemerintahan

Semua warga negara mempunyai hak yang sama dalam pemerintahan yang berarti setiap warga negara dapat menduduki jabatan-jabatan apa saja dalam pemerintahan apabila memenuhi syarat.


·        Dalam bidang sosial-budaya

· Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu

· Setiap warga negara mempunyai hak yang sama dalam mengeluarkan pendapat
Menghargai persamaan hak dapat menumbuhkan sikap saling mencintai sesama manusia, dapat menumbuhkan dan mengembangkan sikap tenggang rasa, toleransi dll. Jadi, setiap warga negara memilki persamaan hak dalam berbagai aspek kehidupan. Baik dalam persamaan kedudukan, berpendapat dsb .


DERAJAT

Persamaan derajat, Apa itu Derajat? Derajat kemanusiaan adalah tingkatan, martabat, dan kedudukan manusia sebagai makhluk Tuhan yang memiliki kemampuan kodrat, hak dan kewajiban asasi. Karena bangsa Indonesia lama dijajah oleh bangsa asing. Masyarakat Indonesia pernah terbagi-bagi dalam beberapa kelompok yang memiliki derajat dan martabat yang berbeda.
Namun seiring perkembangan zaman dan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap HAM. Jadi tidak ada lagi perbedaan derajat dan martabat manusia di Indonesia. Dengan danya persamaan derajat, maka setiap orang harus menghormati adanya hak-hak dan derajat manusia. Dan memelihara hubungan yang baik dalam lingkungan bermasyarakat agar manusia mempunyai arti.

Pesamaan hak dan derajat di Indonesia

Persamaan hak dan persamaan  derajat di Indonesia masih kurang diperhatikan, Contohnya dalam kehidupan di kantor  dan organisasi ,Pemimpinnya lebih dihargai dibandingkan bawahannya.
Perbedaannya sangat nyata, diskriminasi dengan jelas terpampang disini. memang, hal ini akan selalu ada.Persamaan derajat pun sulit untuk di lihat konsepnya. Orang pada kalangan atas tidak pernah peduli dengan kesulitan pada orang kalangan bawah. Orang kalangan bawah merasa tidak pernah peduli dengan kesulitan mereka, sedangkan orang pada kalangan menengah merasa tidak ada keterlibatan dan mereka tidak mau ambil pusing dengan 2 lapisan yang lain.

Indonesia adalah Negara yang menghargai persamaan hak dan derajat di antara sesama manusia, Kesamaan derajat adalah suatu hubungan timbal balik yang terjadi antara masyarakat dengan lingkungan di sekitarnya serta adanya persamaan hak dan kewajiban di antara satu sama lain. Seharusnya pemerintah lebih memperhatikan lagi tentang hal ini dengan meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.


Sekian pembahasan tentang persamaan hakk dan persamaan derajat kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan bagi penulis sendiri.

Sumber:
-http://id.wikipedia.org/wiki/Stratifikasi_sosial
-http://id.wikipedia.org/wiki/Hak
-https://andreserr.wordpress.com/2011/11/26/persamaan-hak-dan-derajat-di-dalam-masyarkat-indonesia/


You may also like

No comments: