Manusia dan Kebudayaan

0 Comments
 Di Indonesia, Manusia dan Kebudayaan memiliki hubungan yang sangat erat,dimana manusia itu tinggal  pada wilayah tertentu, mereka  membentuk suatu kebudayaannya masing-masing.

 Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Manusia dan Kebudayaan, pertama-tama penulis akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian dari manusia,dan kebudayaan, kemudian penulis akan mendefinisikan keduanya, dan menjelaskan hububungan antara keduanya.



Ø  MANUSIA
Manusia dalam arti  bisa berbeda-beda, baik secara biologis,kebudayaan,rohani,atau secara campuran. Begitu pula menurut para ahli, pengertian tentang manusia berbeda-beda, berikut adalah pengertian manusia menurut para ahli:

o   NICOLAUS D. & A. SUDIARJA
Manusia adalah bhineka, tetapi tunggal. Bhineka karena ia adalah jasmani dan rohani akan tetapi tunggal karena jasmani dan rohani merupakan satu barang

o   ABINENO J. I
Manusia adalah "tubuh yang berjiwa" dan bukan "jiwa abadi yang berada atau yang terbungkus dalam tubuh yang fana"

o   UPANISADS
Manusia adalah kombinasi dari unsur-unsur roh (atman), jiwa, pikiran, dan prana atau badan fisik

o   SOKRATES
Manusia adalah mahluk hidup berkaki dua yang tidak berbulu dengan kuku datar dan lebar

o   KEES BERTENS
Manusia adalah suatu mahluk yang terdiri dari 2 unsur yang kesatuannya tidak dinyatakan

o   I WAYAN WATRA
Manusia adalah mahluk yang dinamis dengan trias dinamikanya, yaitu cipta, rasa dan karsa

o   OMAR MOHAMMAD AL-TOUMY AL-SYAIBANY
Manusia adalah mahluk yang paling mulia, manusia adalah mahluk yang berfikir, dan manusia adalah mahluk yang memiliki 3 dimensi (badan, akal, dan ruh), manusia dalam pertumbuhannya dipengaruhi faktor keturunan dan lingkungan.

Berdasarkan pengertian-pengertian yang dijelaskan oleh para ahli, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa Manusia adalah mahluk yang diciptakan oleh Allah SWT dalam bentuk tubuh yang sempurna dan dikarunia akal dan pikiran untuk menjalankan kehidupannya di dunia ini.

Ø  KEBUDAYAAN
Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.

  Dan dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia.

Disini saya juga akan memaparkan pengertian kebudayaan menurut para ahli:






o   Prof.Dr.Koentjoroningrat (1985: 180)
Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik dari manusia dengan belajar.

o   Ki Hajar Dewantara
Kebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.

o   Arkeolog R. Seokmono
Kebudayaan adalah seluruh hasil usaha manusia, baik berupa benda ataupun hanya berupa buah pikiran dan dalam penghidupan.

o   Effat al-Syarqawi
yang mengartikan  kebudayaan sebagai khazanah sejarah suatu bangsa/masyarakat yang tercermin dalam pengakuan/kesaksiannya dan nilai-nilainya, yaitu kesaksian dan nilai-nilai yang menggariskan bagi kehidupan suatu tujuan ideal dan makna rohaniah yang dalam, bebas dari kontradiksi ruang dan waktu.

o   Parsudi Suparlan
Kebudayaan didefinisikan sebagai keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakannya untuk memahami dan menginterprestasikan lingkungan dan pengalamanya, serta menjadi landasan bagi tingkah-lakunya

Ø  Hubungan manusia dan kebudayaan

Di Indonesia  manusia sangat erat hubungannya dengan kebudayaan,mengapa demikian? Karena pada dasarnya kebudayaan itu asal mulanya terbentuk karena manusia itu sendiri, dimana manusia tinggal pada suatu wilayah tertentu kemudian manusia itu membentuk masing –masing kebudayaannya, baik dari cara mereka hidup dalam kehidupannya sehari-hari.


Setelah kebudayaan itu terbentuk, kemudian kebudayaan yang dibentuk oleh manusia itulah yang mengatur kehidupan manusia tersebut, dari cara hidup, cara manusia itu berkembang dll, dimana ini yang biasa kita sebut way of life.

 Manusia dan kebudayaan tidak dapat dipisahkan karena manusia yang membentuk kebudayaan itu, pasti manusia akan melestarikannya secara turun temurun. Definisi kebudayaan tersebut sangat mempengaruhi tingkat pengetahuan dan pikiran manusia.

          Dari semua informasi yang telah penulis dapatkan, penulis dapat menarik kesimpulan dari manusia dan kebudayaan, baik dari pengertian, maupun hubungan keduanya. Kesimpulannya adalah, Manusia adalah makhluk sempurna yang diciptakan oleh Allah SWT, yang dikarunia dengan akal dan pikiran yang pada dasarnya karunia tersebut dapat digunakan untuk melakukan hal hal yang berguna, seperti halnya kali ini manusia dapat membentuk kebudayaan berdasarkan dari pola hidupnya sehari hari.

          Dan manusia dapat melestarikan kebudayaan yang dibentuknya secara turun temurun, setelah kebudayaan itu terbentuk, kebudayaan itulah yang mengatur pola hidup manusia dalam sehari-hari yang sesuai dengannya. Disinilah keterkaitannya antara manusia dan kebudayaan. Sekian yang dapat saya bagikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua, terimakasih.


Sumber:
http://carapedia.com/pengertian_definisi_manusia_menurut_para_ahli_info508.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya
http://ikanurj.blogspot.com/2012/10/tugas.html

http://openmind4shared.blogspot.com/2013/11/pengertian-dan-definisi-kebudayaan-menurut-para-ahli.html


You may also like

No comments: