Kenakalan Remaja di Indonesia

0 Comments
Pada  kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang permasalahan sosial di Indonesia. Sebagaimana yang kita ketahui banyak sekali berbagai macam permasalahan-permasalahan sosial yang ada di Indonesia, dan banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan terjadi permasalahan-permasalahan tersebut di indonesia.

o   Menurut Soerjono Soekanto masalah sosial adalah “suatu ketidak sesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat

Bapak Soerjono Soekanto tidak hanya menjelaskan definisi tentang permasalahan sosial,dia juga membagi penyebab permasalahan sosial kedalam beberapa faktor,menurutnya permasalahan sosial digolongkan kedalam 4 faktor, yakni:

1. Faktor Ekonomi : Kemiskinan, pengangguran, dll.
2. Faktor Budaya : Perceraian, kenakalan remaja, dll.
3. Faktor Biologis : Penyakit menular, keracunan makanan, dsb.
4. Faktor Psikologis : penyakit syaraf, aliran sesat, dsb.

Pada artikel ini saya hanya akan membahas permasalahan sosial yang disebabkan oleh aspek-aspek sosial dana budaya, yang mana seperti telah digolongkan diatas yaitu tentang kenakalan remaja, berikut definisi kenakalan remaja menurut para ahli:

o   Kartono, ilmuwan sosiologi “Kenakalan Remaja atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah juvenile delinquency merupakan gejala patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial. Akibatnya, mereka mengembangkan bentuk perilaku yang menyimpang”.

o   Santrock “Kenakalan remaja merupakan kumpulan dari berbagai perilaku remaja yang tidak dapat diterima secara sosial hingga terjadi tindakan kriminal.”

Penyebab kenakalan remaja



Banyak sekali kenakalan-kenakalan remaja di Indonesia yang sering terjadi di sekitar kita, contohnya tawuran antar pelajar, kebut-kebutan, bolos sekolah, penyalahgunaan narkoba, seks bebas, geng motor, dll. Dimana banyak penyebab yang menyebabkan terjadinya kenakalan remaja di Indonesia, berikut penyebab-penyebab kenakalan remaja baik dari faktor internal maupun eksternal:


1.      Kurang mendapat perhatian/kasih sayang dari orang tua
2.      Pergaulan dengan teman yang sudah tidak terkontrol dengan perilaku tidak terpuji
3.      Faktor lingkungan yang menuntun remaja melakukan kenakalan remaja
4.      Kehilangan identitas diri
5.      Kurangnya pendalaman terhadap agama sejak dini,dll

Pandangan penulis

Pandangan saya terhadap kenakalan-kenakalan remaja yang banyak terjadi di indonesia sebagaimana yang telah saya sebutkan,bahwa seharusnya para remaja remaja di indonesia dapat melakukan hal yang lebih positif lagi dibandingkan melakukan kenakalan kenakalan seperti tawuran, bolos sekolah,  merokok, geng motor. Saya ambil beberapa contoh, tawuran misalnya, apakah itu kegiatan terpuji? tentu tidak, alangkah baiknya mereka bersama bersatu membuat kelompok melakukan kegiatan yang lebih positif lagi,seperti bakti sosial dan lain lain.

Contoh kedua, geng motor misalnya, banyak sekali kerugian yang disebabkan oleh geng motor. Kerugiannya adalah,masyarakat menjadi kurang nyaman,mengganggu kegiatan masyarakat,membuat kebisingan, alangkah lebih baiknya mereka menyalurkan kelompok tersebut ke hal yang berbau positif,seperti otomotif.

Tidak hanya itu,banyak sekali remaja-remaja di indonesia terjebak dalam kenakalan remaja. Bagaimana nasib bangsa ini apabila remaja remajanya yang begitu banyak melakukan kenakalan remaja,begitu disayangkan remaja-remaja yang masih polos, tidak mengetahui apa-apa ,terjebak kedalam pergaulan yang tidak baik. Namun kita tidak dapat menyalahkan remaja saja, dan kita juga tidak bisa menyalahkan budaya asing yang berkembang di indonesia dan jaman era globalisasi ini,sebaiknya kita rubah ini dari niat dalam diri kita masing-masing, agar kita dapat menjadi panutan bagi yang lainnya.

Solusi menanggulangi kenakalan remaja

Tentu disini saya juga akan memberikan solusi untuk menanggulangi kenakalan remaja ini,yang diantaranya tentu berbanding dengan faktor penyebab terjadinya kenakalan remaja:

1.      Perhatian dari orang tua,orang tua harus memberikan perhatian yang lebih kepada anaknya,agar anak dapat merasa nyaman dan merasa bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan.

2.      Pendalaman tentang agama, pendalaman tentang agama harus diberikan sejak dini agar para remaja sejak dini dapat membedakan mana yang baik dan buruk.

3.      Memilih teman,sebaiknya remaja harus lebih memilih teman bergaul yang baik, yang tidak menyesatkan kita kedalam kenakalan remaja.

4.      Menanamkan kemauan untuk tidak berbuat kenakalan, dengan menanamkan kemauan tersebut,kita dapat terhindar dari segala godaan kepada kita.

5.      Menyediakan sarana menuangkan hobi,kali ini berasal dari pemerintah atau lembaga-lembaga yang sekolah,dengan ini kenakalan remaja seperti mencoret coret tembok misalnya, dapat dituangkan kedalam sarana yang telah disediakan.

Dalam hal ini alangkah baiknya untuk mencegah atau menanggulangi kenakalan remaja ini,kita harus mulai dari diri kita sendiri,agar kita dapat menjadi panutan dan teladan bagi orang banyak. Semoga kita sebagai warga Negara Indonesia menjadi manusia yang berbudi luhur. Aminnnn.


Sumber:
http://www.anneahira.com/narkoba-index.htm
http://www.organisasi.org/1970/01/definisi-pengertian-masalah-sosial-dan-jenis-macam-masalah-sosial-dalam-masyarakat.html


You may also like

No comments: